Recent Posts
Loading...

Author :
Puisi talak tiga. Pengertian talak dalam agama islam adalah bentuk pemutusan/perceraian dalam ikatan perkawinan antara suami dan isteri dikarenakan sebab tertentu dan tak memungkinkan lagi meneruskan hidup dalam rumah tangga, sebagaimana diketahui cerai artinya terputusnya suatu hubungan, hubungan suami istri, atau pelepasan hubungan ikatan perkawinan secara langsung, atau gugurnya kehalalan hubungan suami dan istri.

Menurut hukum islam talak artinya ikrar atau janji suami di hadapan Pengadilan agama yang menjadi salah satu sebab putusnya perkawinan. jadi talak yang diakui secara hukum adalah talak yang diucapkan atau yang dilakukan oleh suami di pengadilan agama.

Talak ada tiga macam, talak satu dan dua, apabila suami menjatuhkan talak satu ataupun talak dua, dia dan istri yg ditalaknya masih bisa rujuk atau kawin kembali dengan cara cara tertentu. Sedangkan talak tiga, Berdasarkan Al qur’an Surat Al Baqarah ayat 230, jikalau seorang suami sudah menjatuhkan  talak yg ketiga kepada istrinya, maka wanita itu tak halal lagi baginya untuk mengawininya sebelum wanita itu kawin dengan laki laki lain.

Mungkni begitulah sekilas tentang talak, judul salah satu puisi di kesempatan ini yaitu puisi talak tiga, adapun masing masing, judul puisinya, antaralah lain.
  • Puisi talak tiga
  • Puisi cinta dalam pasrah
Bagaimana ceruta dan makna dari kedua puisi teresebut, untuk lebih jelasnya silahkan disimak saja puisi berikut ini, di mulai dari puisi talak tiga, berikut ini puisinya.

Puisi Talak Tiga

Pada bibir yang hitam legam
Berkilap angkuh nan menikam
Terbungkus serapah menghujam
Tertanam di lubuk yang benam

Menyudahi pilar anjangsana wicara
Perseteruan lerai di atas murka
Doa-doa yang menjadi senjata renjana
Kalah oleh badai angkara aksara

Tuhan tahu mana kebenaran nama-Nya
Rapuhnya tulang rusuk di lara jiwa
Patah dan terkikis oleh goncang asmara
Dan lalu menggubah cerita terkenang masa

Talak tiga
Usaikan seluruh kisah!

Kemilau Mata Bening
Makassar, 11 Juni 2017


CINTA DALAM PASRAH

Kuletakkan rindu pada layangan doa
Perjalanan teduh sepanjang liku cinta
Terucap setarik dalam embusan napas
Kalam hati paling hati terpanjat lepas

Dialog atas nama ikhlas bersemayam
Dalam sebuah ingin nan terpendam
Meronce kabut menjadi bunga-bunga
Binar pada jiwa perindu terpisah raga

Setabah aksara basah yang melantun
Pada bibir kering sabda mengalun
Iktikad rela serahkan segala pada waktu
Tersebab yakin, kau, aku dan masa, berjibaku

Cinta kita masih ada!

Kemilau Mata Bening
Makassar, 06 Juni 2017
-----------

Demikianlah puisi talak tiga beserta puisi cinta dalam pasrah. Simak/baca juga puisi yang lain di blog ini, semoga talak tiga dan puisi cinta diatas dapat menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.

disqus comments