Recent Posts
Loading...

Author :
Puisi dzikir cinta. Pengertian dzikir adalah sebuah aktifitas ibadah didalam agama Islam untuk mengingat Allah. dengan cara menyebut dan memuji nama-Nya. Dzikir merupakan suatu kewajiban bagi ummat muslim, yang tercantum didalam al-Qur'an.

Istilah dzikir menurut bahasa artinya ingat. Sedangkan dzikir berdasarkan pengertian syariat ialah mengingat Allah s.w.t, dengan niat untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Kita sebagai umat muslim diperintahkan untuk berdzikir kepada Allah agar selalu mengingat akan kekuasaan serta kebesaran-Nya sehingga kita dapat terhindar dari penyakit yang namanya sombong dan takabbur.

Dzikir merupakan sebuah renungan untuk mengingat kematian bahwa di dunia ini hanyalah sementara dzikir adalah untuk renungan dosa. Bentuk dan cara berdzikir ada tiga macam diantaranya :
  1. Dzikir menggunakan hati, dengan cara bertafakur, memikirkan ciptaan Allah s.w.t sehingga timbul didalam fikiran bahwa Allah merupakan Dzat yang Maha Kuasa. semua yg ada di alam semesta ini pastilah ada yg menciptakan, yaitu Allah s.w.t. dengan melakukan dzikir keimanan pun kepada Allah semakin bertambah.

  2. Dzikir dengan lisan (ucapan), dengan cara mengucapkan lafazh- lafazh yg di dalammya mengandung asma Allah yg sudah diajarkan oleh Rasulullah kepada ummatnya. misalnya mengucapkan takbir, tasbih, tahmid, tahlil, sholawat serta membaca Al-Qur'an dan lain sebagainya.

  3. Dzikir dengan perbuatan, dengan cara melakukan apa yg diperintahkan Allah serta menjauhi larangan-Nya. yg wajib diingat adalah bahwa sesunguhnya seluruh amalan harus dilandasi dengan niat. Niat dalam hal ini melaksanakan amalan dzikir agar mendapatkan keridhaan Allah s.w.t. dalam hal ini, menuntut ilmu, mencari nafkah, bersilaturahmi serta amalan lain yg diperintahkan agama termasuk dalam ruang lingkup dzikir dengan perbuatan.
Bacaan Dzikir yang paling utama adalah kalimat Laa Ilaaha Illallaah, sedangkan doa yg paling utama adalah Alhamdulillah. seorang yg melakukan Dzikir disebut dzaakir, dan manfaat dzikir dalam kehidupan merupakan kebaikan agar senantiasa selalu mengingat Allah untuk mendapatkan kebahagian setelah kematian.

Berkitan dengan kata dzikir, dibawah ini tiga puisi religi dikesempatan ini, adapun masing masing judul puisinya antara lain.
  • Puisi hadir
  • Puisi makar
  • Puisi dzikir
Dzikir itu akan dilakukan ketika rasa cinta kepada Allah telah tertanam didalam jiwa karena kecintaan itu kepada-Nya maka kita akan selalu mengingatnya dan cara berdzikir dengan menyebut asma-asma-Nya,

Puisi dzikir cinta

Mungkin begitulah sekilas tentang dzikir salah satu judul puisi kita kali ini, ketiga puisi tersebut berbahasa melayu sebab penulisnya seorang sahabat dari malaysia. bagaima cerita dan makna dibalik rangkaian bait ketiga puisi tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan disimak saja, dimulai dari puisi hadir, berikut ini puisinya.

HADIR
Muzalifahtul Aini Abd Hamid

Tiada siapa yang Allah hadirkan dalam hidupmu
Tidak membawa makna
Walau sekadar bersinggah
Walau bertandang melepas lelah
Walau datang untuk meluka
Apatah lagi yang datang menatang cinta

Sepi bergejolak tetaskan kantung harap
Berjatuhan ikrar setia
Terlerai berderai menuruni mata tangga
Takkan mampu terhimpun semula
Dalam telangkup tangan cuma
Cubalah berbaik sangka
Sesakit manapun untuk menerima

Hirup barang sehela
Saki baki sabar di udara
Tunda simpang siur rahsiaNya
Bertemu hujung yang menyimpul makna

Hidup seadanya
Jangan mati sebelum masa
Hidup sedaya ada
Jangan memaksa diluar upaya
Hidup seikhlasnya
Dalam menerima takdir dariNya

Biar bertakung jejeran airmata
Siramkan pada gelegak rasa
Tiada satu pun terjadi sia-sia
Kerna disisimu ada Dia
Sentiasa ada Dia
Selama-lama ada kasihNya
Memayung kelana
Dalam dunia ini
Hingga ke dunia yang satu lagi..

Iffa Aini Hamd
Sagil 4.3.2017

MAKAR
Muzalifahtul Aini Abd Hamid

Onar makar mazmumah
Berias di sebalik naluri
Sisip selumbar mahmudah
Persembah limpah budi
Dalam bocornya karung
Hati yang berbohong
Tertinggal cuma sesal
Terjerut dosa berpintal

Iffa Aini Hamd
Sagil 25.3.2017

Dzikir
Muzalifahtul Aini Abd Hamid

Sama-sama kita berdzikir
Adakala kita kikir
Memberi makan ruh
Maka kecamuk seluruh

Tenang itu dariNya
Resah itu jalannya
Sembuh itu dariNya
Sakit hanya perantara

Cinta itu kurniaNya
Duka itu putiknya
Bahagia itu milikNya
Derita itu terasnya

Syurga itu sememang ada
Buat jiwa yang tidak berputus asa
Tidak pernah berhenti berharap kepadaNya...

Iffa Aini Hamd
Sagil 25.3.2017
-------------

Demikianlah puisi dzikir cinta. Simak/baca juga puisi yang lain di blog ini, semoga puisi dzikir beserta dua puisi lainnya dapat menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.

disqus comments