Breaking News
Loading...

Puisi di canda semu. Didalam kehidupan sehari-hari seringkali kita menjumpai canda dalam sebuah dalam sebuah tulisan, sebagaimana di ketahui canda adalah perbuatan yang di perbolehkan, sebab terkadang canda merupakan suatu hiburan dalam menghadapai suatu kejenuhan.

Canda merupakan istilah dari perkataan main main, namun terkadang jika kata main-main biasa juga diartikan usil. menurut kamus bahasa Indonesia canda artinya tingkah, kelakar atau senda gurau, sedangkan arti kata usil menurut kamus bahasa indonesia adalah orang yang suka mengusik  dalam hal ini, mengganggu, memperolok serta mencampuri urusan orang lain, atau ambil pusing urusan orang lain, dan lain sebagainya.

Canda pada dasarnya diperbolehkan akan tetapi harus juga melihat situasi dan kondisi, sebab terkadang canda walaupun intinya hanya hanya iseng, namun terkadang membuat luka seseorang, apa lagi jika berlebihan canda dapat menjadi malapetakan, makanya ketika bercanda, dengarlah ketika hati berbisik, ketika hati mengatakan jangan makan jangan di teruskan agar canda tidak menjadi masalah.

Dicanda semu judul ini satu dari tiga puisi campuran di kesempatan ini, adapun masing masing judul puisinya antara lain.
  • Puisi luka berbisik
  • Puisi dicandan semu
  • Puisi dengarlah
Bagaimana cerita dan makna dari ketiga puisi tersebut, untuk lebih jelas jawaban ada pada bait- bait puisinya. tetapi puisi terkadang yang paling mengerti maksud dan artinya adalah penulisnya sendiri pembaca kadang hanya menerka-nerka saja. Yuk kita simak puisinya di mulai dari puisi luka berbisik.

Menurut para ahli pengertian luka adalah terputusnya kontinuitas atau hubungan anatomis jaringan sebagai dampak dari ruda paksa. Luka biasanya merupakan luka yg sengaja dibuat untuk tujuan tertentu, semisal luka insisi pada operasi ataupun luka akibat trauma seperti luka diakibatkan suatu kecelakaan.

Luka ada dasarnya bisa disembuhkan, akan tetapi menurut para pelaku cinta luka yang paling sulit di sembuhkan adalah luka karena cinta sebab luka hati luka diri tak berbekas serta tak berdarah. namun terasa sakit. apa lagi ketika sakit hati dan kecewa, karena patah hati cinta bertepuk sebelah tangan, sungguhlah sebuah luka hati yang butuh waktu agar bisa sembuh.

Mungkin begitulah kira kira tentang luka hati, berkaitan dengan luka, berikut ini puisi pendek luka dengan judul luka hati berbisik, bagaiman puisinya silahkan disimak saja.

Luka berbisik
Nana Z Nasution

Ketika rindu membelah Sukma
Pilu menari di sudut jiwa
Ketika musim merangkak pergi
Luka menetap di relung hati

Hari silih berganti
Kenapa luka di hati tak jua pergi
Mengusik rasa....
Menyentuh jiwa

Skw 15417

Setelah sebelumnya diatas, kita mengulas canda, yang kita ketahui terkadang menjadi permasalahan dalam hidup, walau kadang membuat suasana menjadi ramai ketika ada seorang teman yang bercanda, sebab canda memang dikenal sebagai penyegar dari sesuatu kebosanan, karena terkadang keluar kata kata yang lucu.

Namun balik canda tersebut dapat menjadi penyakit hati seperti riya, yang bertujuan merendahkan orang lain, jadi ketika bercanda jangan terlalu berlebihan,  sebab apapun yang berlebihan hasil terkadang tak memuaskan.

Akan tetapi kadang canda sangat dirindukan, apalagi candaan seorang kekasih, yang biasanya bercanda bersama, dan ketika ketiadaanya disinilah kita biasa sangat merindukan kehadiran candaan tersebut, jadi dapat dikatakan canda yang ini dibutuhkan mengusir kejenuhan dalam mengarungi perjalanan cinta kasih.

Berkiatan dengan kata tentang canda, berikut ini, puisi berjudul dicanda semu, bagaiman puisinya silahkan disimak saja berikui ini.

DICANDA SEMU
Oss Arisandi Manopo

Gemerisik hujan bercurah pilu
Membanjiri angan yang kian sendu
Panorama samar bertatap beku
Tak kuasa aku mengadu

Tentangmu,Tentang rindu yang terus bertalu
Pada malam yang tengah menangis tersedu-sedu
Lalu, rasa ini semakin lekah dicanda semu
Dan kesunyian pun bertamu
Membaur dalam kelir tintaku
Yang kupuisikan untukmu

Oss.am
Subang,16-04-2017

Bagiamana dengan kata dengarlah, kata dengarlah merupakan sebuah kata seruan, yang memiliki banyak makna. kata dengar biasanya di pergunakan dalam kata cinta seperti dengarlah sayang aku aku cinta padamu, kata ini dapat diartikan meyakinkan seseorang bahwa di benar mencintai,

Dengarlah bintang hatiku, dan yang ini dapat dikatakan suatu kata seruan kepada orang yang disayangi untuk mendegarkan apa yang akan dikatakan. berkaitan dengan kata kata dengarlah. berikut ini puisinya berjudul dengarlah, yuk kita simak saja puisinya.

Dengarlah!
Nai Senja

Senandung cinta beralaskan kasih-Nya
Kunadakan bersama ketulusan hati untukmu
Kuikat kasih mohon restu Ilahi
Cinta mengalir harap nʌfsu tak mencampuri

Kau terpuja namun Dialah yang lebih kupuja
Kutitipkan satu hati bersimpul kesetiaan
Selalu melibatkan Dia Maha Esa
Pinta selamanya sampai batas perpisahan

Nai
15.04.17
----------

Demikianlah puisi di canda semu beserta dua puisi pendek lainnya. Simak/baca juga pui di halaman berikutnya blog ini, semoga puisi canda puisi luka dan dengarlah dapat menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.

Sekedar informasi Puisi-puisi yang ada di blog Pdkb sebagian bersumber dari status/karya member grup pdkb di facebook

Jika ada pembaca yang ingin berpartipasi puisi silahkan di kirim KE SINI
Dan Untuk berlangganan update Dari blog Puisi dan kata bijak ketikkan email anda di form di bawah ini :
icon

disqus comments

 
INFO KLIK