Skip to main content

Puisi Orasi Provokator | Puisi Kritik Politik

Puisi Orasi Provokator | Puisi Kritik Politik

Puisi dan kata bijak. puisi orasi provokator. Provokator adalah orang yang memprovokʌsi atau menghasut, supaya melakukan sesuatu yang sinkron dengan apa yg diinginkan oleh sang provokator/provokʌsi. provokʌsi artinya pancingan, jadi dapat di simpulkan provokator adalah memancing menghasut orang atau membangkitkan nʌfsu untuk bertindak.

Provokator identik dengan kerusuhan, karena biasanya sang provokator memanas mansi situasi agar terjadi sesuatu yang tak diinginkan, di jaman teknolgi seperti sekarang provokator banyak berkeliaran di dunia maya, ini yang biasa di sebut provokator media sosial

Provokʌtor/provokʌsi tidak selalu idendetik dengan perbuatan negatif, namun saat sekarang provokator kebanyakan negatif, seperti yang terjadi akhir-akhir ini di jakarta.

Ada provokator november dan provokator desember, maksudnya, orang menghasut di bulan november dan desember, ini provokator kerusuhan. Provokator sinonimnya agitator, penghasut dan pengasung.

Provokʌtor atau provokʌsi, memiliki dua sisi makna negatif dan positif tergantung pada penempatannya. provokʌsi negatif seperti yang di jelaskan diatas.

Dan provokʌsi positif biasanya seperti memporovokasi orang-orang ke hal hal yang tidak merugikan seperti memprovokʌsi, agar berkerja, memprovokʌsi, untuk ketawa dan lain.

Didalam keseharian seringkali timbul sosok seorang provokator pada artian negatif ketimbang positif. Lihat saja ketika masa-masa pilkada unjuk rasa massa atau mahasiswa, kerumunan penonton sebuah pagelaran musik, atau seperti suporter even olahraga.

Biasanya provokator muncul dimulai dari hal-hal yg sepele. ketika orang orang yang sudah terpancing maka akan dimanfaatkan situasi dengan aroma emosional, sampai muncul sebuah keributan serta kekacauan massa dan permusuhan bahkan pertikaian.

Berkaitan dengan kata tentang provokator puisi kritik politik yang dpublikasikan puisi dan kata bijak adalah salah satu puisi orasi provokator.

Adapun masing masing judul puisi kirika politik yang diterbitkan puisi dan kata bijak antara lain:

  1. Puisi politikus busuk
  2. Puisi orasi provokator

Kedua puisi tersebut puisi kritik sosia politik yang terjadi pada keadaan negera akhir akhir. salah satu dari bait puisinya, "Politikus busuk obral mengobral kata demi kursi hilangkan harga diri para politikus tak peduli terkata si korup etika tikus. menyulut benci, memicu onar buta mata hati sirik menggelontar hilang etika dengki membakar".


Puisi Kritik Sosial Politik | Puisi Orasi Provokator

Bagaimana kata kata kritikan untuk politik dalam bait puisi kritik politik yang dipublikasikan puisi dan kata bijak, untuk lebih jelasnya disimak saja puisinya berikut ini.


PUISI POLITIKUS BUSUK
Karya: Ijoel Anderline

Hingar bingar politik dalam negeri
Obral mengobral kata demi kursi
Hilangkan harga diri para politikus
Tak peduli terkata si korup etika tikus

Budi pekerti digadaikan
Saling fitnah jatuh menjatuhkan
Demi ambisi menjadi penguasa
Mahir bersilat lidah, tradisi durjasa

Licik, berotak busuk sarat tipu daya
Menebar janji- janji berbalut dusta
Menghalalkan cara meraih kekuasaan
Demi meraih simpati dan perhatian

Kontroversi dipertontonkan
Rakyat jelata menjadi korban
Membuat sensasi mencari simpati
Politikus busuk, buta mata hati

Anderline
Balikpapan 07 December 2016


PUISI ORASI PROVOKATOR
Karya: Ijoel Anderline

Perangai insan jelatang pikiran kotor
Melanggang tanpa dosa menebar teror
Berorasi, ucapan sarat mengompor
Merangsang amarah, mengangkat pamor

Berkoar menyulut benci, memicu onar
Buta mata hati sirik menggelontar
Hilang etika dengki membakar
Dendam kesumat semakin mengakar

Merendahkan membutakan kebenaran
Meremehkan mencari pembenaran
Mengumbar dusta menutupi kesalahan
Menghasut, cari simpati sarat kebohongan

Lantang bersuara licik mempr0vokʌsi
Kritik sana sini lupa intropeksi diri
Moral budaya di tebas tak perduli
Demi nafsu ambisi menguasai

Anderline
Balikpapan. 07 Desember 2016


Demikianlah puisi orasi provokator. Simak/baca juga puisi puisi yang lain di blog ini. Semoga puisi tentang keadaan negari diatas dapat  menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.