Skip to main content

Puisi Aku Adalah Tuan

Puisi Aku Adalah Tuan
Puisi Aku Adalah Tuan. Pengertian tuan berdasarkan kamus bahasa indonesia, tuan adalah orang tempat mengabdi, sebagai lawan kata hamba, abdi, budak atau orang yang memberi pekerjaan; majikan; kepala (perusahaan dan sebagainya); pemilik atau yang empunya (toko dan sebagainya)

Berkaitan dengan kata tuan, aku adalah tuan salah satu judul puisi tentang tuan di kesempatan ini, adapun masing masing judul puisinya antara lain.
  1. Puisi aku adalah tuan
  2. Puisi di jalan tuan
Bagaimana makna dan arti dari kedua puisi tersebut, untuk lebih jelasnya, silahkan disimak saja puisinya berikut ini

Puisi Aku Adalah Tuan
Karya: Asrul

Di Indonesiaku
aku melihat basah di pundak Tuan
Tuan pun mengatakan
pintu-pintuk tak pernah mengenyam pendidikan

Kecemasan di rahim istrimu
yang belum lahir bunga bangsa
di peraduan yang berakhir di laci
tidak sedikit pun mereka dengan sendiri

Yang katanya dan katanya
ini itu minta melulu
lalu malu dikira tak tahu malu
memang Tuan pemalu

Di Indonesiaku
aku adalah Tuan
bicara sendiri bukan sama sepotong roti
bicara sendiri sama ubi

Lain kali kita pasang iklĘŚn
di emperan toko dan tiang lampu
bunga bangsa yang belum tentu
menangis di kolong langit tanpa ketakutan

Tegal, 29 Feb 2016


Puisi Di Jalan Tuan
Karya: Asrul

Aku melihat lautan yang bukan lautan
Di jalan, Tuan menganak bara
Tungku menyala-nyala
Tuan kiranya yang punya

Aku mendengar lautan suara
Macet di jalanan
Yang kiranya membelok
Lalu jutaan anak menangis

Aku bertanya
Di sampingnya orang tanpa pendidikan tidur
Di negeri ini yang pura-pura
Perkenankanlah aku membawa lautan suara anak desa

Tegal, 24 Maret 2016


Demikianlah puisi aku adalah tuan. Simak/baca juga puisi puisi yang lain di blog ini. Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat, Jangan lupa di share puisinya, bila menurut anda menarik... Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya dengan label suara anak negeri. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.