Skip to main content

Puisi Aku Tersentuh

Puisi Aku Tersentuh
Puisi aku tersentuh. Tersentuh jika sebagai kata kiasan artinya terkena rasa haru, sedih, dan sebagainya misalnya hatinya mudah sekali tersentuh, tertarik atau terpikat dan bersimpati. Tersentuh berasal dari kata sentuh.  Arti dari kata tersentuh bisa masuk dalam jenis kiasan sehingga jika digunakan kata tersentuh bisa bukan dalam arti kata yang sebenarnya.

Berkaitan dengan kata tersentuh, salah satu dari dua puisi dikesempatan inimm bertema tersentuh, adapun masing masing judul puisinya antara lain.
  1. Puisi aku tersentuh
  2. Puisi yuk kita berdendang
Salah satu penggalan bait dari kedua puisi tersebut. "Segarkan pikiran yang pusing bukan kepalang, Mari bergoyang kita melenggang, Lenggak-lenggok bukan kepalang". Selangkapnya dari biat ini disimak saja puisinya berikut ini.

PUISI AKU TERSENTUH

Aku takjub padamu air
Mengaliri anak-anak sungai hingga muara
Tak kenal lelah

Aku terpana padamu udara
Memberi manfaat
Tanpa harus terlihat

Aku tercengang padamu sang surya
Memberi kehangatan
Walau dirimu terbakar tak tertahankan

Aku tak habis pikir padamu pepohonan
Memberi keteduhan
Walau daunmu layu berguguran

Aku tersentuh padamu rembulan
Memberikan ketenangan
Walau dirimu diliputi rasa mencekam

Aku menangisimu duhai sang malam
Memyelimuti peraduan
Walau dirimu menggigil kedinginan

Aku meratapimu bintang gemintang
Indah menghiasi malam
Walau cahayamu suram ditelan malam

Lalu siapa yang pedulikan diriku
Yang sepi dikeramaian
Yang terjaga digelapnya malam
Berasyik-masyuk di atas kertas buram
Dinina-bobokan elegi masa silam

Adhy Saputra, 25 Januari 2015, pukul 00.00


PUISI KITA BERDENDANG

Hari gini gue masih aja nangkring di atas pohon
Sementara orang lain dah pada move on
Si udin bilang yuk kita kemon
Padahal impossible dia keturunan orang London

Cengar-cengir persis orang bloon
Genjrang-genjreng bak john lennon
O-bla-di o-bla-da terdengar monoton
Ha ha ha sing penting show must go on

Mari berdendang yuk kita berdendang
Segarkan pikiran yang pusing bukan kepalang
Mari bergoyang kita melenggang
Lenggak-lenggok bukan kepalang

Semua tertawa riang-riang
Lupakan sejenak awang-awang
Meski pacar tak lagi sayang
Ditinggal pergi berbilang datang

Adhy Saputra, 7 Februari 2015, pukul 00.45
------------

Demikianlah puisi aku tersentuh, Baca juga puisi yang lain yang ada di blog ini, semoga menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.