Skip to main content

Puisi Hujan Adalah Rindu

Puisi Hujan Adalah Rindu
Puisi hujan adalah rindu. Hujan adalah ketika jatuhnya hydrometeor yg berupa partikel air dengan diameter 0.5 mm atau lebih. Apa bila jatuhnya sampai ketanah maka inilah yang disebut hujan, Tetapi apabila jatuhannya tak dapat mencapai tanah dikarenakan menguap lagi maka jatuhan tersebut disebut Virga. Hujan pula bisa didefinisikan dengan uap yang mengkondensasi serta jatuh ketanah dalam rangkaian proses hidrologi

Dan pengertian Rindu adalah perasaan yang tiba-tiba muncul saat kita menginginkan sesuatu yang pernah ada, mendambakan suasana yang pernah terjadi di masa lalu kita, atau yang baru saja pergi dan menghilang. Rindu ialah mengharapkan kembali seseorang yang pernah ada di hidup kita, menanti kedatangannya dan ingin segera bertemu melepaskan rasa gundah.

Puisi hujan adalah rindum satu dari empat puisi hujan di kesemppatan ini, adapun masing masing judul puisinya antara lain.
  1. Puisi hujan adalah rindu
  2. Puisi bocah diantara deras hujan
  3. Puisi dibawah hujan
  4. Puisi lika liku hidup
  5. Puisi aku hujan dan rindu
Salah satu penggalan bait dari keempat puisi tersebut. "Hujan melagukan nada bersyairkan asa mengiringi rasa yang bergelora menghentak dalam dada, Di bawah hujan aku menunggu mu Menunggu kau datang menghampiri ku. " Selengkapnya dari bait ini disimak saja puisinya berikut ini.

PUISI HUJAN ADALAH RINDU

Hujan menari dengan indahnya,
lincah, meliuk-liukkan tubuh mungilnya
mengikuti denting dawai rasa
dalam petikan romansa

Hujan bernyanyi dengan merdunya,
mesra, melagukan nada bersyairkan asa
mengiringi rasa yang bergelora
menghentak dalam dada

Hujan tersenyum membelai kalbu,
sendu, menjamah cerita kau dan aku
tentang rasa yang menggebu
bertaburan bilur rindu

Hujan adalah alunan melody jiwa,
bait lagu cinta yang menyatukan rasa
mengobarkan angan menggebu
yang mengikat kau dan aku
Karena ..
hujan adalah rindu


Puisi Bocah Diantara Deras hujan

Awan telah turun
Dalm penjelmaannya sebagai hujan
Riak air membasahi bumi

Gugurkn ranting dan daun yg telah mnguning
Suburkan pepohonan yg kemarin kering

Riuh gaduh para bocah berlari kesenangn
Di antara tetesan derasnya hujan
Dingin tak lagi mereka rasa
Yang penting hati senang
Bermain,berlari dan tertawa haha....haha....

hujan-adalah-rindu
~syaDa261114~


Puisi Di Bawah Hujan

Aku...
Sendiri disini...
Menanti keajaiban datang menghampiri
Sambil berkhayal kau datang disini
Menemani hari ku yang terlihat sepi
Di bawah hujan aku menanti
Menanti hadir mu yang mungkin takkan pernah terjadi
Di bawah hujan aku menunggu mu
Menunggu kau datang menghampiri ku
Mungkin aku yang terlalu bodoh
Tak bisa lupakan mu dari hidup ku
Sedangkan kau
Sudah bahagia bersamanya


PUISI LIKA LIKU HIDUP

Sungai itu tak pernah berdusta
Lafadkan nyanyian alam lewat gemericiknya
Mengarus riaknya susuri likaliku hidup
Memuarakan kodrat lelakunya
Pada bibirbibir pantai

Rerimbunan itu tak bisa hanya berdiam diri
Liukkan rerantingnya seirama belaian bayu
Semaikan cikalbakal kehidupan
Lahirkan tunastunas muda
Ajari mereka tentang rindang meneduhkan
Pada tangkaitangkainya

Lantas mengapa?
Mayapada ini serasa panas
Bercucur keringat
Menyesak dada
Berderai air mata
Mengabut pandangan mata
Perih terperihkan

O..ala…
Rupanya mereka
Memberangus rantingrantingku
Meratakan dahandahanku
Tak sanggup kuberlari
Tak kuasa kumenahan
Tetesan embun yang tak lagi menyejukkan
_________________
Semoga
Rintik hujan menemani sedusedanku

Adhy Saputra, 121215


PUISI AKU, HUJAN DAN RINDU
Oleh : Pena Usang Sang Penyair

Aku, masih terdiam dicemara itu
Menanti bersama waktu yang merayu
Meski gigil melumatku
Mana aku perduli ?

Senja hitam mengeja rinai
Meski pekat diladang jiwa
Menggumpal awan mengurung jingga
Hingga dilamun kuterjaga

Gemersik angin membisik dipucuk dedaunan
Saksikan hujan mencumbu bumi
Hati resah dalam gelisah
Ketika rindu belum terjamah

Aku, hujan dan rindu
Mengeja abjad-abjad pilu
Ketika hati mencari tahu
Kemana sang dewi yang kurindu

Biar gigil tubuh menggigil
Tetap menunggu meski lelah memanggil
Biarpun malam menjemput pagi
Dalam diam aku tetap menanti

"AKU,HUJAN DAN RINDU"

Jakarta : 06-02-2015

Demikianlah puisi hujan adalah rindu. Simak/baca juga puisi puisi yang lain di blog ini. Semoga puisi hujan di atas menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.