Skip to main content

Puisi Ajari Aku Kesabaran

Puisi Ajari Aku Kesabaran

Puisi ajari aku kesabaran. Pengertian Kesabaran adalah kemampuan untuk menanggung suatu masalah atau penderitaan tanpa menjadi marah, frustrasi, ataupun cemas. Kita dapat mengembangkan kesabaran dengan berupaya ihklas menerika kehendak Allah.

Ketika kita belajar untuk menjadi sabar dalam hal yang kecil, kita persiapkan diri kita sendiri untuk menghadapi segala cobaan dengan berbesar hati menerima apapun yang terjadi dalam kehidupan.

Puisi ajari aku kesabaran, satu dari tiga puisi puisi tema campuran yang dipublikasikan puisi dan kata bijak di kesempatan kali ini, adapun masing masing judul puisi campuran antara lain.

  1. Puisi melodi tengah malam
  2. Puisi sepi
  3. Puisi ajari aku kesabaran

Salah satu penggalan bait dari ketiga puisi tersebut. "Berdenting cemooh kadang menerpamu, Tak kau hirau itu, Kau berlalu anggun dan tetap lekat simpulan dibibirmu, Kau anggap angin lalu". Selengkapnya dari bait ini disimak saja puisinya berikut ini.


PUISI AJARI AKU KESABARANTrianayana

Teman.. .
Aku ingin seperti kamu
Sabar dan gemulai hatimu
Walau seberat apapun bebanmu

Berdenting cemooh kadang menerpamu
Tak kau hirau itu
Kau berlalu anggun dan tetap lekat simpulan dibibirmu
Kau anggap angin lalu

Teman ajari aku kesabaran
Beri aku resep jitu jiwamu
Kasih tau aku tentang diam nan indah
Dirimu tauladanku....

Akan sulit bagiku
Dengan emosi menggebu
Dengan jiwa manja yang kaku
Hatiku selalu labil setiap waktu

Ajari aku kesabaran sepertimu
Ajari aku keikhlasan
Agar runtuh kerasnya egoku
Agar damai jiwaku....

Bengkulu,27/10/14


PUISI MELODY TENGAH MALAM ‎Trianayana

Dentinganya sayup sayup terdengar
Mengalun indah menyayat hati
Menggetarkan hatiku
Membuka hatiku tentang dosa

Denting melody tengah malam
Membuat kuterjaga di malam buta
Menyayat nyayat kalbu ku yang penuh goresan
Seperti lolongan srigala yang menakutkan

Hatiku melemah mendengarkan irama demi irama
Lantunanya membuat ku merasa kecil dan hina
Ku seperti miskin ilmu dan papa akan ilmu agama
Aku terasa terpanggang api neraka

Melody tengah malam
Semakin dalam makna cerita di alunannya
Memaksaku bangun dan mengingat Tuhan
Membimbingku tuk bersujud dan mohon ampunanMu ya Allah....

Air mataku tlah jatuh bercucuran
Air mata penyesalan
Laku kehidupan yang tanpa tuntunan
Sedikit sekali ilmu dan amalan

Oh melody tengah malam
Aku tak ingin tau siapa pelantunmu
Aku tak perduli dimana kau mainkan iramamu
Secarik terima kasih ku ucap untukmu yang menyadarkan aku dari gulita hati

Melody tengah malam
Esok ingin kudengar kembali....

Bengkulu,23/10/14


PUISI SEPI ‎Trianayana

Sunyi tanpa suara
Hening tanpa bunyi
Sepi merambah
Nyata sendiri

Gundah terasa
Tak tertuang derita
Batin berkelana
Menyabung rasa

Sepi...
Terpelintir hati
Berputar putar mengejar ilusi
Tentang kerinduan diujung kalbu

Sahabat...
Kemana perginya
Dimana gerangan letak luka
Hingga kabarpun kau bunuh seketika

Aku dilambung sepi...
Diguncang galau hati
Ditinggal sahabat curahan hati
Hatiku bergelimang prahara

Sahabat...
Kembalilah sejenak
Berilah penawar sepi
Ku tak mampu lalui hari

Bengkulu,25/10/14
-----------------

Demikianlah puisi ajari aku kesabaran. Simak/baca juga puisi puisi yang lain di blog ini. Semoga puisi di atas menghibur dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel puisi selanjutnya. Tetap di blog puisi dan kata bijak menyimak/membaca puisi puisi yang kami update. Terima kasih sudah berkunjung.